• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • MONEV PROSES PEMBELAJARAN

MONEV PROSES PEMBELAJARAN

  • 15 Mei 2016, 00:00 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 6528
MONEV PROSES PEMBELAJARAN
Untuk menjamin mutu proses pembelajaran dilingkungan UPN "Veteran" Yogyakarta, LP3M setiap semester melaksanakan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran di tingkat program studi. Pada monev semester genap TA 2015/2016 dilaksanakan pada minggu ke-12. Sebagaimana diketahui bersama, suatu proses pembelajaran melibatkan tidak hanya mahasiswa tetapi prasarana, saran dan dosen. Hal-hal inilah yang dimonitoring dan dievaluasi. Dari kegiatan ini dapat diketahui pelaksanaan pembelajaran mulai dari RPS (Rencana Pembelajaran Semester)hingga prosentase penilaian yang dilakukan oleh seorang dosen yang sesuai/kompeten dalam bidang ilmunya sebagaimana diatur dalam suatu instrumen/standar yang ditetapkan DIKTI atau tidak. Lebih jauh juga dimonitoring masalah pembimbingan dosen terhadap mahasiswa khususnya dalam penyelesaian tugas akhir. Diharapkan penyelesaian tugas akhir mahasiswa ≤ 6 bulan dengan tetap mengedepankan kualitas dari tugas akhir itu sendiri. Hasil dari monitoring akan dievaluasi untuk kemudian diadakan tindakan perbaikan/pencegahan jika ditemui hal-hal yang tidak sesuai standar yang ditetapkan. Tentu diperlukan upaya dari auditi/prodi jika pelaksanaan proses pembelajaran tidak memenuhi standar. Akhir kata semoga monitoring proses pembelajaran yang dilaksanakan rutin setiap semester tidak sekedar dilaksanakan sekedar memenuhi tugas dan fungsi organisasi tetapi mampu meningkatkan mutu proses pembelajaran sehingga output dapat bersaing dan handal di masyarakat.(sie)
Previous Next

News Release

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Reakreditasi dan ISK Prodi Menuju Unggul

18 Desember 2024    Admin LP3M

FGD Outcome based Education (OBE): Teknik Pengukuran CPL dan Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2024    Admin LP3M

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020 : 2017 Oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

05 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.