• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Timlak Penjaminan Mutu

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Timlak Penjaminan Mutu

  • 14 Oktober 2020, 00:00 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 386
Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Timlak Penjaminan Mutu

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY)  melanjutkan serangkaian kegiatan Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran Akademik Semester Genap TA 2019/2020 pada Rabu, 14 Oktober 2020. Kegiatan dibuka oleh Ketua Lembaga LP3M Partoyo, SP., MP., Ph.D dengan berpesan kepada Timlak Penjaminan Mutu Jurusan/Program Studi yang hadir hari ini sejumlah 65 peserta dalam 2 ruangan terpisah, bahwa LP3M memfasilitasi kebutuhan monev Jurusan/Program Studi melalui web PANDU (PenjaminAN dan auDit mutU) dan kegiatan teknis pada hari ini sampai dengan batas waktu berakhir 31 Oktober 2020. Hal ini dilakukan agar proses berjalan lancar sesuai agenda kegiatan dan pada awal November 2020 LP3M dapat menugaskan Tim Auditor Universitas untuk melakukan proses audit melalui sistem yang sama, yaitu PANDU.

Acara hari ini juga disampaikan terkait dengan Refreshing Pengelolaan Data oleh pembicara Dr. Krismiadji, M.Sc., Ak., CA sebagai dosen, praktisi, dan penulis beberapa buku terkait dengan Sistem Informasi. Pengelolaan dan manajemen data memang menjadi permasalahan dalam suatu organisasi, sehingga dibutuhkanlah sistem informasi. Data yang diolah dengan baik, akan dapat memberikan informasi yang baik pula. Informasi yang baik yang dimaksud adalah yang relevan, reliabel, lengkap, tersedia tepat waktu, mudah dipahami, memiliki daya uji, serta mudah diskses (tersedia setiap diperlukan). Perkembangan manajemen data saat ini berada pada era database dan big data. Sedangkan untuk perkembangan sistem informasi saat ini telah memasuki stage 3, yaitu Database Management System (DBMS) dan Artificial Intelligence (AI). Salah satu ciri dari DBMS adalah pengimplementasian software dalam manajemen data. Dalam manajemen data, beberapa permasalahan yang sering muncul diantaranya adalah: data yang tidak kompatibel, data yang tidak konsisten, serta kualitas data. Hal tersebut sangat perlu diperhatikan, karena kumpulan data dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih tepat, meningkatkan marketing/daya tarik organisasi, serta mengoptimalkan kegiatan organisasi.

Untuk organisasi kampus, sistem manajemen data yang dapat digunakan adalah sistem database, yang memiliki keuntungan: Membantu organisasi meningkatkan efektifitas operasional dan memampukan pembuatan keputusan, Membantu organisasi untuk melihat dan memanfaatkan peluang lebih cepat, Menghindari pelanggaran data, serta Mendorong peningkatan kinerja organisasi. Untuk mencapai keuntungan-keuntungan tersebut, pada praktisnya, pengelolaan data yang baik harus memiliki program governance data yang terdesain dengan baik, serta berfokus pada kualitas data, serta melibatkan pimpinan institusi dan pengguna untuk memastikan bahwa kebutuhan data atau informasinya terpenuhi dan problem kualitas data teratasi. Acara ditutup usai pendampingan teknis PANDU dengan semangat bersinergi bersama menciptakan budaya mutu, saling menjaga komitmen dan konsistensi monev oleh semua pihak terkait.

Previous Next

News Release

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Reakreditasi dan ISK Prodi Menuju Unggul

18 Desember 2024    Admin LP3M

FGD Outcome based Education (OBE): Teknik Pengukuran CPL dan Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2024    Admin LP3M

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020 : 2017 Oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

05 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.