• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • Penyamaan Persepsi Auditor AMI

Penyamaan Persepsi Auditor AMI

  • 02 November 2021, 09:25 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 205
Penyamaan Persepsi Auditor AMI

    Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan Penyamaan Persepsi Auditor Audit Mutu Internal (AMI) pada Senin, 01 November 2021 secara luring terbatas. Acara oleh Ketua LP3M, Bapak Partoyo, S.P., M.P., Ph.D. yang menyampaikan bahwa AMI menggunakan sistem Pandu ini baru pertama kali dilakukan pada TA 2020/2021, sehingga kami membutuhkan juga evaluasi dari sisi auditor. Proses secara online dan sistem tetap harus berjalan, akan tetapi perbaikan sistem tetap juga akan berlangsung terus-menerus, setelah Monev yang berjalan lebih lancer setelah 3 semester berturut, sekarang saatnya evaluasi AMI yang baru pertama kali dilakukan secara sistem.

     Acara dihadiri oleh 39 auditor tersertifikasi kompetensi audit mutu dan ditambah asesor BAN PT yang dimiliki oleh UPN “Veteran” Yogyakarta. Adapun yang menjadi pertimbangan adalah 39 auditor tersebut telah mengikuti pelatihan dan ujian kompetensi pada bulan Juli 2021 dengan kertas kerja berupa indikator matrik BAN PT, dan asesor BAN PT memilik pengalaman serupa sejak beberapa waktu sebelumnya sehingga dilibatkan sebagai Auditor AMI.  Evaluasi dari sisi timlak telah dilakukan pada saat pelaksanaan upload dokumen AMI, sehingga pada acara hari ini akan dilakukan evaluasi dari sisi auditor AMI untuk pengembangan sistem lebih optimum di masa yang akan datang. Adapun di tahun 2022, Pandu akan memiliki modul baru yaitu audit bagi Lembaga, Biro, Unit Pelaksana Teknis, dan Laboratorium yang harapannya dapat launching bersamaan.

     Memasuki acara inti, Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal: Dr. Dian Indri Purnamasari, Akt. CA menyampaikan perkembangan AMI yang dilakukan pada level Prodi dan Fakultas, sebuah sistem baru akan melalui banyak tahapan sosialisasi dan implementasi yang tidak sebentar. Pada periode pembukaan AMI 2 minggu pertama terjadi banyak kebingungan pada level timlak fakultas, sampai pada akhirnya terjadi perpanjangan sampai minggu ke-4 dan terjadi progres yang luar biasa dari prodi-prodi. Muncul banyak kesadaran dari Prodi bahwa ternyata ini sesuai dengan kebutuhan akreditasi prodi di masa yang akan datang, sehingga database dapat dicicil melalui AMI setiap tahunnya dan tidak mengalami kesulitan data. Bahkan beberapa prodi memberikan saran seperti sistem jangan ditutup permanen pada periode tertentu, akan tetapi dibuka seterusnya agar prodi dapat melakukan update data sewaktu-waktu. Prodi juga meminta agar semua indikator diberikan link atau tempat untuk upload data, walaupun tidak diminta dalam matrik BAN PT. Hal ini memberikan semangat bagi LP3M untuk selalu melakukan perbaikan sistem pada Pandu, baik Monev maupun AMI.

     Acara ditutup dengan beberapa evaluasi dari sisi auditor, seperti link otomatis pada data yang sering dijadikan indikator penilaian yaitu data Dosen Tetap Program Studi (DTPS) dan data Kemahasiswaan. Hal ini dimaksudkan agar proses audit lebih mudah tanpa mencari data tersebut berulang. Demikian juga dengan memberikan tempat bagi komentar untuk setiap indikator agar auditor dapat mengisi alasan apa yang mendasari memberikan penilaian tertentu apabila diperlukan.

 

 

Previous Next

News Release

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Reakreditasi dan ISK Prodi Menuju Unggul

18 Desember 2024    Admin LP3M

FGD Outcome based Education (OBE): Teknik Pengukuran CPL dan Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2024    Admin LP3M

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020 : 2017 Oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

05 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.