• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • Persiapan Monev Pembelajaran Semester Gasal TA 2023/2024

Persiapan Monev Pembelajaran Semester Gasal TA 2023/2024

  • 08 Maret 2024, 10:49 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 3291
Persiapan Monev Pembelajaran Semester Gasal TA 2023/2024

Pada hari Jumat, 8 Maret 2024 di Hotel Innside Yogyakarta telah dilaksanakan kegiatan Workshop Monev Auditor yang dihadiri oleh perwakilan tiap fakultas UPN “Veteran” Yogyakarta sejumlah 75 peserta. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Bapak Partoyo, S.P., M.P., Ph.D., selaku ketua LP3M, kemudian workshop dimulai dengan ibu Dr. Dian Indri Purnamasari, M.Si., Ak., CA.  sebagai pemandu acara maupun pembicara. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja sistem informasi PANDU yang telah berjalan selama 4 tahun sejak tahun 2020 – 2024. Selain itu evaluasi juga dilakukan terhadap sistem penjaminan mutu yang melibatkan sinergi LP3M, fakultas, tim pelaksana dan tim auditor.

             Evaluasi monev pembelajaran sejak tahun 2020 hingga 2024 mengalami perubahan yang sangat signifikan. Di awal proses monev pada tahun 2020, seiring dengan dibuat sistem informasi: pandu.upnyk.ac.id, proses monev berjalan dengan menggunakan sistem sehingga memungkinkan untuk dilakukan secara online melalui sistem dan diikuti dengan tatap muka online untuk sesi konfirmasinya. Sistem informasi pandu.upnyk.ac.id telah membuat aktivitas penjaminan mutu ini menjadi praktik baik dan kebiasaan yang selalu dilakukan secara periodik setiap semesternya. Para timlak diminta untuk memberikan tanggapan dan melengkapi semua kebutuhan yang menjadi permintaan asesor untuk periode monev sebelum-sebelumnya. Para timlak juga diminta untuk dapat memberikan masukan atas pandu.upnyk.ac.id, antara lain:

  • Melakukan review indikator monev sesuai SPMI dan Permendikburistek no 53 tahun 2023, indikator dimana indikator AMI sesuai dengan SPMI dan indikator monev sesuai dengan LAM,
  • Tampilan dokumen yang sudah diupload oleh timlak dapat dilihat oleh asesor tanpa harus didownload (preview),
  • Melibatkan pimpinan dalam proses monev (misalnya proses review atas data yang dimasukkan oleh timlak) sehingga pimpinan dapat melihat proses monev yang sedang berlangsung, memberikan tanggapan/feedback dan membantu menambahkan data sebelum direview oleh auditor,
  • Monev dilakukan oleh Prodi dan dievaluasi oleh timlak (sebagai auditor) internal dalam prodinya sendiri,
  • Jumlah timlak monev minimal dua orang dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, penggantian timlak monev perlu dilakukan agar bergiliran terjadi internalisasi kesadaran standar mutu pada diri banyak pihak yang menjadi bekal kepemimpinan di masa yang akan datang.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan adanya keselarasan antara tim auditor dengan auditee serta terbentuknya kinerja sistem informasi maupun penjaminan mutu yang lebih baik.

Previous Next

News Release

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Reakreditasi dan ISK Prodi Menuju Unggul

18 Desember 2024    Admin LP3M

FGD Outcome based Education (OBE): Teknik Pengukuran CPL dan Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2024    Admin LP3M

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020 : 2017 Oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

05 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.