• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI Sesuai KKNI dan SNDikti

WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI Sesuai KKNI dan SNDikti

  • 05 Desember 2017, 00:00 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 450
WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI Sesuai KKNI dan SNDikti
Pada hari Kamis, 19 Oktober 2017 LP3M menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Sesuai KKNI dan SN Dikti dengan mengundang narasumber dari UNY yaitu DR. Paidi, M.Si. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa mestinya perguruan tinggi sudah menerapkan kurikulum KKNI (diatur Perpres, UUdan Peraturan Menteri). Selanjutnya program studi tinggal mengembangkan, secara garis besar, Pengembangan Kurikulum  

(Baru) melalui Tahapan atau langkah-langkah sebagai berikut:

    Penetapan Profil Lulusan
    Perumusan Capaian Pembelajaran  Lulusan (CPL)
    Penentuan Bahan Kajian
    Pembentukan Mata Kuliah
    Penentuan Bobot (sks) Mata Kuliah
    Penyusunan deskripsi Mata Kuliah
    Penyusunan Struktur Kurikulum
    Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
    Penentuan Sistem Pembelajaran
    Penentuan Sistem Asesmen/Penilaian
    Penyusunan dokumen kurikulum

Selanjutnya untuk pengembangan  Profil Lulusan, CPL dan CPMK dapat menggunakan pertanyaan berikut:

Profil Lulusan

•          Apa peran yang akan dimainkan oleh lulusan Prodi ?

•          Jika perannya sudah ditentukan, maka dapat dirumuskan Profil Lulusan Prod

Capaian Pembelajaran Lulusan

•          Kemampuan apa yang perlu mereka kuasai agar dapat berperan di masyarakat?

•          Dari profil lulusan dapat dirumuskan Learning Outcomes Prodi (CPL)

Mata Kuliah & Struktur Kurikulum

•          Mata kuliah apa saja yang diperlukan untuk membangun CPL?

•          Bagaimana menetapkan mata kuliah dan bobot (sks)?

•          Bagaimana mendistribusikan mata kuliah pada tiap semester?

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah & Rencana  Pembelajaran Semester

•          Kemampuan apa yang dikembangkan pada tiap mata kuliah (CPMK)?

•          Strategi apa yang digunakan untuk mencapai kemampuan  tsb?

•          Bagaimana memastikan kemampuan dapat dicapai?

Penetapan bahan kajian dapat menggunakan pedoman sbb:

Ø  Bahan kajian diambil dari peta keilmuan (rumpun ilmu) yang menjadi ciri program studi atau dari khasanah keilmuan yang akan dibangun olehprogram studi.

Ø  Bahan kajian bisa di tambah bidang/cabang IPTEKS tertentu yang diperlukan untuk antisipasi pengembangan ilmu di masa depan, atau dipilih berdasarkan analisis kebutuhan dunia kerja/ profesi yang akan diterjuni oleh lulusan.

Bentuk Pembelajaran dapat menggunakan pilihan berikut

•          Kuliah

•          Responsi dan Tutorial

•          Seminar

•          Praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan

Model/Metode Pembelajaran dapat menggunakan pilihan berikut

1. diskusi kelompok,

2. simulasi,

3. studi kasus,

4. pembelajaran kolaboratif,

5. pembelajaran kooperatif,

6. pembelajaran berbasis proyek,

7. pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain yang efektif.

Demikian ringkasan materi kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum Pendidikian Tinggi Sesuai KKNI dan SN Dikti. Semoga bermanfaat (sie).
Previous Next

News Release

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Reakreditasi dan ISK Prodi Menuju Unggul

18 Desember 2024    Admin LP3M

FGD Outcome based Education (OBE): Teknik Pengukuran CPL dan Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2024    Admin LP3M

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020 : 2017 Oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

05 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.