• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • WORKSHOP PENINJAUAN KURIKULUM

WORKSHOP PENINJAUAN KURIKULUM

  • 05 Desember 2017, 00:00 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 379
WORKSHOP PENINJAUAN KURIKULUM
Pada hri Senin, 28 Juli 2017 LP3M mengadakan kegiatan Workshop Peninjauan Kurikulum dengan narasumber Prof. Aris Junaidi, DVM, Ph. D dari Kemenristek dikti. Disampaikan bahwa kurikulum KKNI merupakan amanah Perpres No 8 tahun 2012, Undang – Undang No 12 tahun 2012 dan Permenristek dikti No 44 thn 2015. Pada garis besarnya KKNI sebagai  penyetara kualitas Sumber Daya  Manusia mengingat kondisis saat ini:

•       Populasi Indonesia: ~255 juta orang

•       Disparitas Kualitas Pendidikan Tinggi:

-          Dosen: ~270 ribu (~12%  Doktor).

-          Mahasiswa: ~5,2  juta (Vokasi/Politeknik:~855 ribu). Pengangguran ~7 juta (lulusan PT ~13,4%), skills mismatch (relevansi).

-          APK (2016): 31,61 % (Penyesuaian dengan kebutuhan ekonomi).

-          Ketimpangan mutu PT: mayoritas institusi dan prodi terakreditasi ‘C’ (BAN-PT) dan sedikit prodi terakreditasi internasional (ABET, AACSB, AUN-QA, dsb).

-          World Rank (QS): hanya 3 universitas (Top 500).

-          Riset (Inovasi): Universitas dan LPNK (BATAN, LIPI, LAPAN, dll).

-          Produktivitas penelitian  rendah. Mayoritas publikasi ilmiah dihasilkan oleh Universita

Oleh karenanya perlu ditetapkan sasaran kedepan sbb:

•       Penataan mutu pendidikan tinggi berdasarkan penjenjangan kualifikasi lulusan

•       Penyesuaian capaian pembelajaran untuk prodi sejenis

•       Penyetaraan capaian pembelajaran dengan penjenjangan kualifikasi dunia kerja

Demikian  ringkasan dari apa yang disampaikan narasumber, semoga bermanfaat bagi kita.(sie)

Previous Next

News Release

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Reakreditasi dan ISK Prodi Menuju Unggul

18 Desember 2024    Admin LP3M

FGD Outcome based Education (OBE): Teknik Pengukuran CPL dan Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2024    Admin LP3M

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020 : 2017 Oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

05 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.