• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan Tahun 2014

Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan Tahun 2014

  • 03 Desember 2014, 00:00 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 4868
Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan Tahun 2014
Penilaian Tenaga Kependidikan UPN “Veteran”  dilaksanakan secara periodik setiap tahun oleh BPM. Penilaian dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kinerja, motivasi tanggung jawab tenaga kependidikan yang langsung maupun tidak akan berdampak pada proses layanan kepada mahasiswa dan dosen.

            Proses Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan Tahun 2014 adalah sebagai berikut :

1.    Jumlah Tenaga Kependidikan (non struktural) yang terjadwal dilakukan penilaian kinerja di tahun 2014 adalah sebanyak 81 orang, dengan menggunakan Angket : FM_31_02_02 (terlampir)

2.    Penilaian dilakukan oleh atasan langsung dan 2 (dua) orang teman sejawat.

3.    Aspek penilaian meliputi: Prestasi Kerja, Ketaatan, Loyalitas, Prakarsa, Kerja Sama & Komunikasi, Kejujuran, dan Tanggung Jawab.

4.    Rata-rata penilaian masing-masing aspek:

No.

Aspek

Score Rata-rata

Kinerja

1.

Prestasi Kerja

3,85

Baik

2.

Ketaatan

3,88

Baik

3.

Loyalitas

4,06

Baik

4.

Prakarsa

3,65

Baik

5.

Kerja sama dan Komunikasi

3,71

Baik

6.

Kejujuran

3,87

Baik

7.

Tanggung Jawab

3,91

Baik

Rata-rata

3,85

Baik

 

Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa semua aspek penilaian adalah baik, namun berdasarkan stadar mutu kinerja pegawai yang telah ditetapkan sebesar 3,80 maka aspek prakarsa dan kerjasama & komunikasi masih di bawah standar sehingga harus terus ditingkatkan.

5.    Kinerja Tenaga Kependidikan untuk masing-masing kategori penilaian adalah sebagai berikut:

No.

Kinerja

Jumlah Pegawai

Presentase (%)

1.

Sangat Baik

7

8,6

2.

Baik

68

84,0

3.

Cukup

6

7,4

4.

Tidak Baik

0

0,0

5.

Sangat Tidak Baik

0

0,0

 

81

100,0

 

Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa sebagian besar kinerja tenaga kependidikan termasuk kategori baik. Tenaga kependidikan dengan kategori sangat baik kurang dari 10%. Oleh karena itu sangat diperlukan upaya untuk meningkatkan kinerja SDM dalam rangka menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.

Peluang Perbaikan

Berdasarkan hasil penilaian kinerja Tenaga Kependidikan diusulkan 3 (tiga) peluang perbaikan berdasarkan skala prioritas dan rekomendasi sebagai berikut:

Prioritas

Aspek

Score

Rekomendasi

1.

Prakarsa

3,65

-   Memberikan pelatihan tentang motivasi, berfikir kreatif, dan inovatif

-   Memberika reward kepada tenaga kependidikan yang mampu menemukan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan permasalahan pekerjaan secara efektif dan efisien

2.

Kerja sama dan Komunikasi

3,71

-   Meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bersifat kebersamaan seperti upacara, jalan santai, sepeda gembira, outbond, kegiatan seni, dan sebagainya

-   Memberikan pelatihan komunikasi yang efektif

3.

Prestasi Kerja

3,85

-   Memberikan training terkait dengan skill yang dibutuhkan di lingkup pekerjaan

-   Memberikan pendampingan dan klinik kerja bagi tenaga kependidikan yang membutuhkan pelatihan secara khusus.

-   Menegakkan kebijakan reward & punishment

 

Previous Next

News Release

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Reakreditasi dan ISK Prodi Menuju Unggul

18 Desember 2024    Admin LP3M

FGD Outcome based Education (OBE): Teknik Pengukuran CPL dan Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2024    Admin LP3M

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020 : 2017 Oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

05 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.